Tuesday, November 2, 2010

SNB (Social Network Business)

SNB (Social Network Business) atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Bisnis Jaringan Sosial merupakan suatu layanan jaringan sosial yang berbasis internet. SNB biasa juga disebut sebagai "Jejaring Sosial".

SNB bermula pada tahun 1994, yaitu dengan terbentuknya komunitas online umum seperti Theglobe.com dan Geocities. Lalu pada tahun 1995 muncul juga situs jejaring sosial yang serupa yaitu Tripod.com. Pengguna pada situs-situs jejaring ini menggunakan tools-tools interaksi dengan orang lain melalui chat room. Mereka juga lebih senang berbagi informasi pribadi dan ide-ide melalui halaman web pribadi dengan menyediakan publishing tools yang mudah digunakan. Pada akhir 1990-an, profil pengguna menjadi fitur utama dari situs jejaring sosial, memungkinkan pengguna untuk menyusun daftar “teman” dan mencari pengguna lain dengan minat yang sama.

Generasi baru situs jejaring sosial mulai berkembang dengan munculnya Friendster pada tahun 2002, dan segera menjadi bagian dari mainstream Internet. Friendster diikuti oleh MySpace dan LinkedIn setahun kemudian, dan akhirnya, Bebo. Hal ini membuktikan peningkatan pesat dalam popularitas situs jejaring sosial, pada tahun 2005. Lalu Facebook diluncurkan pada tahun 2004 yang menjadi situs jaringan sosial terbesar di dunia. Contoh-contoh jejaring sosial lainnya adalah:

  • Decayenne, Tagged, XING, Badoo, dan Skyrock di beberapa bagian Eropa
  • Facebook, Bebo, dan Twitter banyak digunakan di seluruh dunia.
  • MySpace & LinkedIn yang paling banyak digunakan di Amerika Utara
  • Nexopia banyak digunakan di Kanada
  • Hi5 & Hyves banyak digunakan di Belanda
  • StudiVZ banyak digunakan di Jerman
  • iWiW banyak digunakan di Hungaria
  • Tuenti banyak digunakan di Spanyol
  • Nasza-Klasa banyak digunakan di Polandia
  • Orkut & Hi5 banyak digunakan di Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan India
  • Friendster, Mixi, Multiply, Orkut, Celaka ,RenRen, dan Cyworld banyak digunakan di Asia, Kepulauan Pasifik, dan India

Dampak Positif Penggunaan SNB:
  • Setiap orang dapat berinteraksi satu sama lain tanpa harus bertemu secara langsung
  • Pebisnis dapat melakukan promosi melalui SNB tersebut
  • Pengguna dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada jejaring sosial seperti games, dll.
  • Dapat melakukan pertukaran informasi melalui jejaring sosial tersebut


Dampak Negatif Penggunaan SNB:
  • Munculnya tindak kriminal melalui jejaring sosial seperti penipuan, pencemaran nama baik, dll.
  • Pengguna menjadi terbiasa menyebarkan informasi-informasi pribadi yang sebenarnya tidak baik jika disebarkan.
Are You Ready??? © 2008 Template by:
SkinCorner